Beberapa Cara Memulai Homeschooling







Masih banyak pertanyaan tentang bagaimana memulai homeschooling. Sebagian langsung bertanya, tanpa pernah melakukan pekerjaan rumahnya untuk membaca dan melakukan riset pribadi dulu. Sebagian lagi bertanya untuk mendapatkan insight pengalaman praktis homeschooling.

Saat Anda sudah memutuskan untuk melakukan homeschooling, berikut ini beberapa cara praktis dan sederhana memulai homeschooling menurut Linda Dobson, penulis buku “Tamasya Belajar”:

a. Gunakan waktu sebanyak mungkin untuk mengamati anak Anda saat bekerja dan bermain.
Perhatikan metode belajar dan cara bermain yang paling mereka senangi. Kemudian pikirkan kegiatan yang dapat Anda lakukan bersama yang menggunakan metode itu. Bicaralah mengenai topik yang menarik baginya untuk mendapatkan petunjuk tambahan.

b. Beri anak kesempatan untuk membuat keputusan dan pilihan kegiatan yang ingin dilakukan.
Dia akan tertarik pada kegiatan yang menyenangkan baginya dan itu memberi Anda petunjuk tentang potensi kekuatannya. Perhatikan pula apa yang tidak disenanginya dan pikirkan cara untuk mengubah cara pendekatan Anda.

c. Cari jalan untuk melibatkan keluarga besar atau teman dekat dalam kegiatan belajar di rumah.
Ini akan memberi anak banyak waktu untuk bersama dengan orang-orang yang berarti dalam hidupnya. Selain itu, Anda akan mendapat banyak dukungan dari orang-orang yang Anda cintai untuk kegiatan belajar di rumah yang Anda lakukan ini.

d. Perhatikan atau ciptakan kesempatan bagi Anda dan anak Anda untuk menerapkan nilai-nilai keluarga.
Anak-anak pada usia dini dapat membantu Anda membuat kue, membuat kartu, melukis, atau memetik bunga dan menyerahkannya kepada orang yang membutuhkannya.

e. Jika Anda mengeluarkan anak dari sekolah, Anda harus peka terhadap kebutuhannya ketika melakukan penyesuaian.
Jika perlu, tetaplah berhubungan dengan beberapa kawan baik. Jalani masa transisi metode pendidikan yang berbeda ini dengan perlahan. Rencanakan beberapa kegiatan menyenangkan yang tidak mungkin dilaksanakan di sekolah.

sumber:
http://rumahinspirasi.com

Comments